Tere Liye Mengoceh Di Media Sosial
  Mar 02, 2016   Muhammad Wendy TH
image

Baru saja terjadi Fenomena menarik terkait dengan ocehan seorang Penulis bernama Tere Liye di Media Social menjadi hangat beberapa waktu ini. Karena unggahan tulisan tentang status sejarah Indonesia, akhirnya banyak orang yang menyangkal dan mulai mengkritisi penulis ini. Ada baiknya kita mengenal lebih dalam sosok Tere Liye terlebih dahulu sebelum mulai membahas masalah yang ada saat ini.

Tere Liye bukanlah penulis asing yang yang karyanya diterjemahkan di dalam bahasa Indonesia. Faktanya – ketika dia bercerita tentang masa kecilnya – dia berasal dari pedalaman sumatera yang bapaknya berprofesi sebagai petani. Tere Liye juga lebih senang disebut sebagai akuntan ketimbang seorang penulis, karena konon menulis hanya bagian dari hobi saja. Tere Liye juga dikenal di masyarakat luas sebagai nama pena beliau, tapi ketika bercerita secara langsung tentang pengalamannya dia selalu menyebutkan nama Aslinya "Darwis, Darwis Tere Liye".

Nah gara-gara tulisan berikut, maka mulailah bermunculan surat terbuka, surat cinta dan lainnya:

Indonesia itu merdeka, karena jasa-jasa tiada tara para pahlawan- yang sebagian besar diantara mereka adalah ulama-ulama besar, juga tokoh-tokoh agama lain. Orang-orang religious beragama.

Apakah ada orang komunis, pemikir sosialis, aktivis HAM, pendukung liberal, yang pernah bertarung hidup mati melawan serdadu Belanda, Inggris atau Jepang? Silahkan cari.

Anak muda, bacalah sejarah bangsa ini dengan baik. Jangan terlalu terpesona dengan paham-paham luar, seolah itu keren sekali; sementara sejarah dan kearifan bangsa sendiri dilupakan.

Saya tidak akan membahas panjang lebar dan mengomentari isi dari status tersebut di sini, karena sudah banyak yang membahas bahkan memberikan referensi yang lengkap atas alasannya. Yang paling penting adalah, waspada dirilah untuk berkomentar dan menyatakan sesuatu di Media Sosial, karena bisa menjadi pukulan hebat kepada kita.

Nah akan tetapi saya akan membagikan beberapa link bagus untuk memuaskan hati Anda yang penasaran dengan tanggapan orang lain terhadap Tere Liye ini.

  1. http://www.qureta.com/post/surat-terbuka-untuk-tere-liye?utm_campaign=shareaholic&utm_medium=twitter&utm_source=socialnetwork
  2. http://www.dakwatuna.com/2014/01/15/44801/surat-cinta-untuk-darwis-tere-liye/

Thx